ASUHAN
KEPERAWATAN JIWA dengan GANGGUAN
PERILAKU
KEKERASAN
A. KONSEP MEDIS
1.Pengertian
Perilaku
kekerasan atau agresif merupakan suatu bentuk perilaku yang bertujuan untuk
melukai seseorang secara fisik maupun psikologis (Berkowitz, 1993). Berdasarkan
defenisi ini maka perilaku kekerasan dapat dibagi dua menjadi perilaku
kekerasan scara verbal dan fisik (Keltner et al, 1995). Sedangkan marah tidak
harus memiliki tujuan khusus. Marah lebih menunjuk kepada suatu perangkat
perasaan-perasaan tertentu yang biasanya disebut dengan perasaan marah
(Berkowitz, 1993)
Kemarahan
adalah perasaan jengkel yang timbul sebagai respons terhadap kecemasan yang
dirasakan sebagai ancaman (Keliat, 1996)
Ekspresi
marah yang segera karena sesuatu penyebab adalah wajar dan hal ini kadang
menyulitkan karena secara kultural ekspresi marah tidak diperbolehkan. Oleh
karena itu marah sering diekspresikan secara tidak langsung.
Sedangkan
menurut Depkes RI, Asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan penyakit
jiwa, Jilid III Edisi I, hlm 52 tahun 1996 : “Marah adalah pengalaman emosi
yang kuat dari individu dimana hasil/tujuan yang harus dicapai terhambat”.
Kemarahan
yang ditekan atau pura-pura tidak marah akan mempersulit sendiri dan mengganggu
hubungan interpersonal. Pengungkapan kemarahan dengan langsung dan konstruktif
pada waktu terjadi akan melegakan individu dan membantu orang lain untuk
mengerti perasaan yang sebenarnya. Untuk itu perawat harus pula mengetahui
tentang respons kemarahan sesorang dan fungsi positif marah.
2.Penyebab
FAKTOR
PREDISPOSISI
Faktor pengalaman yang dialami tiap
orang yang merupakan factor predisposisi, artinya mungkin terjadi/ mungkin
tidak terjadi perilaku kekerasan jika faktor berikut dialami oleh individu:
1.
Psikologis, kegagalan yang dialami dapat menimbulkan frustasi yang kemudian
dapat timbul agresif atau amuk. Masa kanak-kanak yang tidak menyenangkan yaitu
perasaan ditolak, dihina, dianiaya atau sanksi penganiayaan.
2. Perilaku, reinforcement yang diterima
pada saat melakukan kekerasan, sering mengobservasi kekerasan di rumah atau di
luar rumah, semua aspek ini menstimulasi individu mengadopsi perilaku
kekerasan.
3.
Sosial budaya, budaya tertutup dan membalas secara diam (pasif agresif) dan
kontrol sosial yang tidak pasti terhadap pelaku kekerasan akan menciptakan
seolah-olah perilaku kekerasan yang diterima (permissive).
4.
Bioneurologis, banyak bahwa kerusakan sistem limbik, lobus frontal, lobus
temporal dan ketidakseimbangan neurotransmitter turut berperan dalam terjadinya
perilaku kekerasan.
FAKTOR PRESPITASI
Faktor
prespitasi dapat bersumber dari klien, lingkungan atau interaksi dengan orang
lain. Kondisi klien seperti ke lemahan fisik (penyakit fisik) , keputusan,
ketidakberdayaan, percaya diri yang kurang dapat menjadi penyebab perilaku
kekerasan. Demikian pula dengan situasi lingkungan yang ribut, padat, kritikan
yang mengarah pada penghinaan, kehilangan orang yang dicintai/ pekerjaan dan
kekerasan merupakan faktor penyebab yang lain. Interaksi sosial yang provokatif
dan konflikdapat pula memicu perilaku kekerasan.
3. Rentang Respon
Marah
merupakan perasaan jengkel yang timbul sebagai respon terhadap kecemasan/
kebutuhan yang tidak terpenuhi yang dirasakan sebagai ancaman (Stuart dan
Sundeen, 1996). Perasaan marah normal bagi tiap individu, namun perilaku yang
dimanifestasikan oleh perasaan marah dapat berfluktuasi sepanjang rentang
adaptif dan maladaptif (Gambar 1).
Respons
Respons
Adaptif Maladaptif
Asertif Frustasi Pasif Agresif Kekerasan
Gambar 1. Rentang
Respon Marah
Kegagalan yang
menimbulkan frustasi dapat menimbulkan respon pasif dan melarikan diri atau
respon melawan dan menantang. Respon melawan dan menantang merupakan respon
yang maladaptif, yaitu agresif-kekerasan perilaku yang menampakkan mulai dari
yang rendah sampai yang tinggi, yaitu:
Asertif : mampu menyatakan rasa
marah tanpa menyakiti orang lain dan merasa lega.
Frustasi : Merasa gagal mencapai
tujuan disebabkan karena tujuan yang tidak realistis.
Pasif : Diam saja karena merasa
tidak mampu mengungkapkan perasaan yang sedang dialami.
Agresif: memperlihatkan permusuhan,
keras dan menuntut, mendekati orang lain dengan ancaman, memberi kata-kata
ancaman tanpa niat melukai. Umumnya klien masih dapat mengontrol perilaku untuk
tidak melukai orang lain.
Kekerasan: sering juga disebut
gaduh-gaduh atau amuk. Perilaku kekerasan ditandai dengan menyentuh orang lain
secara menakutkan, memberi kata-kata ancaman-ancaman, melukai disertai melukai
pada tingkat ringan, dan yang paling berat adalah melukai/ merusak secara
serius. Klien tidak mampu mengendalikan diri.
4.
Manifestasi Klinis
Tanda dan
gejala, perilaku kekerasan yaitu suka marah, pandanganmata tajam, otot tegang, nada suara
tinggi, berdebat, sering pula memaksakankehendak, merampas makanan dan memukul
bila tidak sengaja.
1. Motor agitation
Gelisah, mondar-mandir, tidak dapat duduk tenang, otot
tegang, rahang mengencang,
pernafasan meningkat, mata melotot, pandangan mata tajam.
2. Verbal
Memberi
kata-kata ancaman melukai, disertai melukai pada tingkat ringan, bicara
keras, nada suara tinggi, berdebat.
3. Efek
Marah,
bermusuhan, kecemasan berat, efek labik, mudah tersinggung.
4. Tingkat Kesadaran
Bingung, kacau,
perubahan status mental, disorientasi dan daya ingat menurun
B.
KONSEP KEPERAWATAN
1.Pengkajian
Pengkajian merupakan langkah awal dan dasar
utama dari proses keperawatan. Tahap pengkajian terdiri dari pengumpulan data,
klasifikasi data, analisa data, dan perumusan masalah atau kebutuhan klien atau
diagnosa keperawatan.
a. Pengumpulan data
Data yang dikumpulkan meliputi data biologis, psikologis, sosial dan
spiritual.
a). Aspek biologis
Respons fisiologis timbul karena kegiatan
system saraf otonom bereaksi terhadap sekresi epineprin sehingga tekanan darah
meningkat, tachikardi, muka merah, pupil melebar, pengeluaran urine meningkat.
Ada gejala yang sama dengan kecemasan seperti meningkatnya kewaspadaan,
ketegangan otot seperti rahang terkatup, tangan dikepal, tubuh kaku, dan
refleks cepat. Hal ini disebabkan oleh energi yang dikeluarkan saat marah
bertambah.
b). Aspek emosional
Individu yang marah merasa tidak nyaman, merasa
tidak berdaya, jengkel, frustasi, dendam, ingin memukul orang lain, mengamuk,
bermusuhan dan sakit hati, menyalahkan dan menuntut.
c).Aspek intelektual
Sebagian besar pengalaman hidup individu
didapatkan melalui proses intelektual, peran panca indra sangat penting untuk
beradaptasi dengan lingkungan yang selanjutnya diolah dalam proses intelektual
sebagai suatu pengalaman. Perawat perlu mengkaji cara klien marah,
mengidentifikasi penyebab kemarahan, bagaimana informasi diproses,
diklarifikasi, dan diintegrasikan.
d).Aspek sosial
Meliputi interaksi sosial, budaya, konsep rasa
percaya dan ketergantungan. Emosi marah sering merangsang kemarahan orang lain.
Klien seringkali menyalurkan kemarahan dengan mengkritik tingkah laku yang lain
sehingga orang lain merasa sakit hati dengan mengucapkan kata-kata kasar yang
berlebihan disertai suara keras. Proses tersebut dapat mengasingkan individu
sendiri, menjauhkan diri dari orang lain, menolak mengikuti aturan.
e).Aspek spiritual
Kepercayaan, nilai dan moral mempengaruhi
hubungan individu dengan lingkungan. Hal yang bertentangan dengan norma yang
dimiliki dapat menimbulkan kemarahan yang dimanifestasikan dengan amoral dan
rasa tidak berdosa.
Dari uraian tersebut di atas jelaslah bahwa
perawat perlu mengkaji individu secara komprehensif meliputi aspek fisik,
emosi, intelektual, sosial dan spiritual yang secara singkat dapat dilukiskan
sebagai berikut :
Aspek fisik terdiri dari :muka merah, pandangan
tajam, napas pendek dan cepat, berkeringat, sakit fisik, penyalahgunaan zat,
tekanan darah meningkat. Aspek emosi : tidak adekuat, tidak aman, dendam,
jengkel. aspek intelektual : mendominasi, bawel, sarkasme, berdebat,
meremehkan. aspek sosial : menarik diri, penolakan, kekerasan, ejekan, humor.
b. Klasifiaksi data
Data yang didapat pada pengumpulan data
dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu data subyektif dan data obyektif. Data
subyektif adalah data yang disampaikan secara lisan oleh klien dan keluarga.
Data ini didapatkan melalui wawancara perawat dengan klien dan keluarga.
Sedangkan data obyektif yang ditemukan secara nyata. Data ini didapatkan
melalui obsevasi atau pemeriksaan langsung oleh perawat
c. Analisa data
Dengan melihat data
subyektif dan data objektif dapat menentukan permasalahan yang dihadapi klien
dan dengan memperhatikan pohon masalah dapat diketahui penyebab sampai pada
efek dari masalah tersebut. Dari hasil analisa data inilah dapat ditentukan
diagnosa keperawatan.
MASALAH KEPERAWATAN
POHON
MASALAH
Resiko mencederai,Orang lain
Perilaku
Kekerasan (CP)
2.
Diagnosa Keperawatan
1. Resiko mencederai,Orang lain berhubungan dengan perilaku
kekerasan
2. Perilaku Kekerasan (CP)
berhubungan dengan Gangguan konsep diri
1. Resiko mencederai diri, orang
lain dan lingkungan berhubungan dengan perilaku kekerasan/ amuk.
a. Data subjektif
- Klien mengatakan marah dan jengkel kepada orang lain, ingin membunuh, ingin membakar atau mengacak-acak lingkungannya.
b. Data objektif
- Klien mengamuk, merusak dan melempar barang-barang, melakukan tindakan kekerasan pada orang-orang disekitarnya.
2. Perilaku kekerasan / amuk dengan
gangguan harga diri: harga diri rendah.
a. Data Subjektif :
- Klien mengatakan benci atau kesal pada seseorang.
- Klien suka membentak dan menyerang orang yang mengusiknya jika sedang kesal atau marah.
- Riwayat perilaku kekerasan atau gangguan jiwa lainnya.
b. Data Objektif
- Mata merah, wajah agak merah.
- Nada suara tinggi dan keras, bicara menguasai.
- Ekspresi marah saat membicarakan orang, pandangan tajam.
- Merusak dan melempar barang barang.
Intervensi Keperawatan
1. Resiko mencederai diri, orang lain dan lingkungan berhubungan dengan
perilaku kekerasan/ amuk
Tujuan Umum :
- Klien tidak mencederai diri sendiri, orang lain dan lingkungannya
Tujuan Khusus :
a. Klien dapat membina hubungan saling
percaya.
Tindakan :
- Bina hubungan saling percaya : salam terapeutik, empati, sebut nama perawat dan jelaskan tujuan interaksi.
- Panggil klien dengan nama panggilan yang disukai.
- Bicara dengan sikap tenang, rileks dan tidak menantang.
- Jelaskan tentang kontrak yang akan dibuat.
- Beri rasa aman dan sikap empati.
- Lakukan kontak singkat tapi sering.
Rasional :
Hubungan
saling percaya memungkinkan terbuka pada perawat dan sebagai dasar untuk
intervensi selanjutnya.
b. Klien dapat mengidentifikasi
penyebab perilaku kekerasan.
Tindakan :
- Beri kesempatan mengungkapkan perasaan.
Rasional :
Informasi dari klien penting bagi perawat untuk membantu kien dalam
menyelesaikan masalah yang konstruktif.
- Bantu klien mengungkapkan perasaan jengkel / kesal.
Rasional :
pengungkapan perasaan dalam suatu lingkungan yang tidak mengancam akan menolong
pasien untuk sampai kepada akhir penyelesaian persoalan.
c. Klien dapat mengidentifikasi
tanda tanda perilaku kekerasan.
Tindakan :
- Anjurkan klien mengungkapkan yang dialami dan dirasakan saat jengkel/kesal.
Rasional :
Pengungkapan kekesalan secara konstruktif untuk mencari penyelesaian masalah
yang konstruktif pula.
- Observasi tanda perilaku kekerasan.
Rasional :
mengetaui perilaku yang dilakukan oleh klien sehingga memudahkan untuk
intervensi.
- Simpulkan bersama klien tanda tanda jengkel / kesal yang dialami klien.
Rasional :
memudahkan klien dalam mengontrol perilaku kekerasan.
d. Klien dapat mengidentifikasi
perilaku kekerasan yang biasa dilakukan.
Tindakan:
- Anjurkan mengungkapkan perilaku kekerasan yang biasa dilakukan.
Rasional :
memudahkan dalam pemberian tindakan kepada klien.
- Bantu bermain peran sesuai dengan perilaku kekerasan yang biasa dilakukan.
Rasional :
mengetahui bagaimana cara klien melakukannya.
- Tanyakan "apakah dengan cara yang dilakukan masalahnya selesai
Rasional :
membantu dalam memberikan motivasi untuk menyelesaikan masalahnya.
e. Klien dapat mengidentifikasi
akibat perilaku kekerasan.
Tindakan:
- Bicarakan akibat/kerugian dari cara yang dilakukan.
Rasional :
mencari metode koping yang tepat dan konstruktif.
- Bersama klien menyimpulkan akibat dari cara yang digunakan.
Rasional :
mengerti cara yang benar dalam mengalihkan perasaan marah.
f. Klien dapat mengidentifikasi cara
konstruktif dalam berespon terhadap kemarahan.
Tindakan :
- Tanyakan kepada klien apakah ia ingin mempelajari cara baru yang sehat
Rasional
: menambah pengetahuan klien tentang koping yang konstruktif.
- Beri pujian jika mengetahui cara lain yang sehat.
Rasional :
mendorong pengulangan perilaku yang positif, meningkatkan harga diri klien.
- Diskusikan dengan klien cara lain yang sehat.
- Secara fisik : tarik nafas dalam jika sedang kesal, berolah raga, memukul bantal / kasur atau pekerjaan yang memerlukan tenaga.
- Secara verbal : katakan bahwa anda sedang marah atau kesal/ tersinggung.
- Secara sosial : lakukan dalam kelompok cara – cara marah yang sehat, latihan asertif, latihan manajemen perilaku kekerasan.
- Secara spiritual : berdo'a, sembahyang, memohon kepada Tuhan untuk diberi kesabaran.
Rasional :
dengan cara sehat dapat dengan mudah mengontrol kemarahan klien.
g. Klien dapat mengidentifikasi cara
mengontrol perilaku kekerasan.
Tindakan:
- Bantu memilih cara yang paling tepat.
Rasional :
memotivasi klien dalam mendemonstrasikan cara mengontrol perilaku kekerasan.
- Bantu mengidentifikasi manfaat cara yang telah dipilih.
Rasional :
mengetahui respon klien terhadap cara yang diberikan.
- Bantu mensimulasikan cara yang telah dipilih.
Rasional :
mengetahui kemampuan klien melakukan cara yang sehat.
- Beri reinforcement positif atas keberhasilan yang dicapai dalam simulasi.
Rasional
- Anjurkan menggunakan cara yang telah dipilih saat jengkel / marah.
Rasional :
mengetahui kemajuan klien selama diintervensi.
h. Klien mendapat dukungan dari
keluarga dalam mengontrol perilaku kekerasan
Tindakan :
- Identifikasi kemampuan keluarga merawat klien dari sikap apa yang telah dilakukan keluarga selama ini.
Rasional :
memotivasi keluarga dalam memberikan perawatan kepada klien.
- Jelaskan peran serta keluarga dalam merawat klien.
Rasional :
menambah pengetahuan bahwa keluarga sangat berperan dalam perubahan perilaku
klien.
- Jelaskan cara – cara merawat klien
Rasional :
meningkatkan pengetahuan keluarga dalam merawat klien secara bersama.
i. Klien dapat menggunakan obat
dengan benar (sesuai program).
Tindakan:
- Jelaskan jenis – jenis obat yang diminum klien pada klien dan keluarga.
Rasional :
menambah pengetahuan klien dan keluarga tentang obat dan fungsinya.
- Diskusikan manfaat minum obat dan kerugian berhenti minum obat tanpa seizin dokter.
Rasional : memberikan
informasi pentingnya minum obat dalam mempercepat penyembuhan.
2.
Perilaku kekerasan berhubungan dengan gangguan konsep diri : harga diri rendah
a. Tujuan Umum :
- Klien dapat berhubungan dengan orang lain secara optimal
b. Tujuan khusus :
- Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat
Tindakan :
- Bina hubungan saling percaya,
- Beri kesempatan pada klien mengungkapkan perasaannya.
- Sediakan waktu untuk mendengarkan klien.
- Katakan kepada klien bahwa ia adalah seseorang yang berharga dan bertanggung jawab serta mampu menolong dirinya sendiri.
Rasional
: hubungan saling percaya memungkinkan klien terbuka pada perawat dan sebagai
dasar untuk intervensi selanjutnya.
2. Klien dapat mengidentifikasi
kemampuan dan aspek positif yang dimiliki.
Tindakan :
- Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien.
Rasional :
mengidentifikasi hal-hal positif yang masih dimiliki klien.
- Setiap bertemu klien hindarkan dari memberi penilaian negatif
Rasional :
pemberian penilaian negatif dapat menurunkan semangat klien dalam hidupnya.
- Utamakan memberi pujian yang realistis.
Rasional :
meningkatkan harga diri klien.
3. Klien dapat menilai kemampuan
yang dapat digunakan.
Tindakan :
- Diskusikan bersama klien kemampuan yang masih dapat digunakan selama sakit
Rasional :
mengidentifikasi kemampuan yang masih dapat digunakan.
- Diskusikan pula kemampuan yang dapat dilanjutkan setelah pulang ke rumah.
Rasional :
mengidentifikasi kemampuan yang masih dapat dilanjutkan.
·
Berikan Pujian
Rasional
: meningkatkan harga diri dan merasa diperhatikan.
4. Klien dapat menetapkan/
merencanakan kegiatan sesuai kemampuan yang dimiliki.
Tindakan :
·
Minta klien untuk memilih satu
kegiatan yang mau dilakukan di rumah sakit.
Rasional : agar klien dapat melakukan kegiatan yang realistis sesuai kemampuan yang dimiliki.
Rasional : agar klien dapat melakukan kegiatan yang realistis sesuai kemampuan yang dimiliki.
·
Bantu klien melakukannya jika
perlu beri contoh.
Rasional : menuntun klien dalam melakukan kegiatan.
Rasional : menuntun klien dalam melakukan kegiatan.
·
Beri pujian atas keberhasilan
klien.
Rasional : meningkatkan motivasi untuk berbuat lebih baik.
Rasional : meningkatkan motivasi untuk berbuat lebih baik.
·
Diskusikan jadwal kegiatan harian
atas kegiatan yang telah dilatih.
Rasional : mengidentifikasi klien agar berlatih secara teratur.
Rasional : mengidentifikasi klien agar berlatih secara teratur.
5. Klien dapat melakukan kegiatan
sesuai kondisi dan kemampuannya
Tindakan :
- Beri kesempatan klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan.
Rasional :
tujuan utama dalam penghayatan pasien adalah membuatnya menggunakan respon
koping mal adaptif dengan yang lebih adaptif.
- Beri pujian atas keberhasilan klien.
Rasional :
meningkatkan harga diri klien.
- Diskusikan kemungkinan pelaksanaan di rumah
Rasional :
mendorong pengulangan perilaku yang diharapkan.
6. Klien dapat memanfaatkan sistem
pendukung yang ada.
Tindakan :
- Beri pendidikan kesehatan pada keluarga tentang cara merawat klien dengan harga diri rendah.
Rasional :
meningkatkan pengetahuan keluarg a dalam merawat klien secara bersama.
- Bantu keluarga memberi dukungan selama klien dirawat.
Rasional :
meningkatkan peran serta keluarga dalam membantu klien meningkatkan harga diri
rendah.
- Bantu keluarga menyiapkan lingkungan di rumah.
Rasional : memotivasi keluarga untuk
merawat klien.
- Beri reinforcement positif atas keterlibatan keluarga
Rasional : Memberikan pemahan
keluarga atas kondisi klien
STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN
KEPERAWATAN
KLIEN DENGAN PERILAKU KEKERASAN
Pertemuan I
Masalah : Perilaku Kekerasan
Pertemuan : ke 1 (satu)
A. Proses Keperawatan
1. Kondisi
Klien datang ke rumah sakit diantar keluarga karena dirumah sering marah-marah dan ingin memukul seseorang yang menasehatinya.
2. Diagnosa Keperawatan
Risiko mencederai orang lain dan lingkungan berhubungan dengan perilaku kekerasan
3. Tujuan khusus
• Membina hubungan saling percaya
• Mengidentifikasi penyebab marah
B. Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan
1. Orientasi
a. Salam terapeutik
“Selamat pagi, nama saya ..., panggil saya ....., saya perawat di sini. Namanya siapa, senang dipanggil apa?”
b. Evaluasi/validasi
“Ada apa dirumah sampai dibawa kemari?”
c. Kontrak
• Topik
“Bagaimana kalau kita bercakap-cakap tentang hal-hal yang menyebabkan Mas/mbak marah?”
• Tempat
“Mau dimana kita bercakap-cakap? Bagaimana kalau di ruang tunggu saja?”
• Waktu
“Mau berapa lama? Bagaimana kalau 10 menit saja?”
2. Kerja
• “Apa yang membuat Mas/mbak marah-marah?”
• “Apakah ada yang membuat Mas/mbak kesal?”
• “Apakah sebelumnya Mas/mbak pernah marah?”
• “Apa penyebabnya? Apakah sama dengan yang sekarang?”
• “Baiklah, jadi ada yang menyebabkan Mas/mbak marah-marah ya!”
3. Terminasi
a. Evaluasi Subjektif
“Bagaimana perasaan Mas/mbak setelah kita bercakap-cakap?”
b. Evaluasi Objektif
“Coba sebutkan 3 penyebab Mas/mbak marah-marah, bagus sekali”
c. Rencana tindak lanjut
“Baiklah, waktu kita sudah habis, nanti coba Mas/mbak ingat lagi, penyebab marah yang belum kita bicarakan”
d. Kontrak
• Topik
“Nanti kita akan bicarakan perasaan Mas/mbak pada saat marah dan cara marah yang biasa Mas/mbak lakukan
• Tempat
“Mau dimana kita bicara? Bagaimana kalau disini?”
• Waktu
“Kira-kira 30 menit lagi ya, sampai nanti”
STRATEGI PELAKSANAAN
Masalah : Perilaku Kekerasan
Pertemuan : ke 2 (dua)
A. Proses Keperawatan
1. Kondisi
Klien dapat menyebutkan penyebab marah
2. Diagnosa Keperawatan
Risiko mencederai orang lain dan lingkungan berhubungan dengan perilaku kekerasan
3. Tujuan khusus
a. Mengidentifikasi tanda dan gejala perilaku kekerasan
b. Mengidentifikasi perilaku kekerasan yang biasa dilakukan
c. Mengidentifikasi akibat perilaku kekerasan klien
B. Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan
1. Orientasi
a. Salam terapeutik
“Selamat pagi Mas/mbak ”
b. Evaluasi/validasi
“Bagaimana perasaan Mas/mbak saat ini?
“Apakah masih ada penyebab marah Mas/mbak yang lain?”
c. Kontrak
• Topik
“Baiklah kita akan membicarakan perasaan Mas/mbak saat sedang marah”
• Tempat
“Mau dimana? Bagaimana kalau di ruang tunggu saja?
• Waktu
“Mau berapa lama? Bagaimana kalau 15 menit saja?”
2. Kerja
• “Mas/mbak pada saat dimarahi oleh ibu apa yang Mas/mbak rasakan?”
• “Apakah ada perasaan kesal, tegang, mengepalkan tangan, mondar-mandir?”
• “Lalu apa yang biasanya Mas/mbak lakukan?”
• “Apakah sampai memukul? Atau Cuma marah-marah saja?”
• “Mas/mbak , coba praktekkan cara marah pada ....., anggap perawat (saya) adalah orang tua yang membuat Mas/mbak jengkel,(beri apresiasi wah bagus sekali”)
• Nah, bagaimana perasaan Mas/mbak setelah memukul meja?”
• Apakah masalahnya selesai?”
• Apa akibat perilaku Mas/mbak ”?
• “Betul, tangan jadi sakit, meja bisa rusak, masalah tidak selesai dan akhirnya dibawa kerumah sakit”
• “Bagaimana Mas/mbak, maukah belajar cara mengungkapkan marah yang benar dan sehat”
• Baiklah waktu kita sudah habis”
3. Terminasi
a. Evaluasi Subjektif
“Bagaimana perasaan Mas/mbak setelah kita bercakap-cakap?”
b. Evaluasi Objektif
• “Apa saja tadi yang kita bicarakan?”
• “Benar, perasaan saat marah, apa saja tadi?ya betul, lagi, OK!”
• “Lalu cara marah yang lama, apa saja tadi? Ya betul, lagi, OK!”
• “Dan akibat marah, apa saja? Ya betul, sampai dibawa kerumah sakit”
c. Rencana tindak lanjut
“Baiklah, sudah banyak yang kits bicarakan, nanti coba ingat-ingat lagi perasaan Mas mbak sewaktu marah, dan cara Mas/mbak marah serta akibat yang terjadi, kalau di rumah sakit ada yang membuat Mas/mbak marah beritahu saya ya”
“Mau berapa lama? Bagaimana kalau 15 menit saja?”
2. Kerja
• “Mas/mbak pada saat dimarahi oleh ibu apa yang Mas/mbak rasakan?”
• “Apakah ada perasaan kesal, tegang, mengepalkan tangan, mondar-mandir?”
• “Lalu apa yang biasanya Mas/mbak lakukan?”
• “Apakah sampai memukul? Atau Cuma marah-marah saja?”
• “Mas/mbak , coba praktekkan cara marah pada ....., anggap perawat (saya) adalah orang tua yang membuat Mas/mbak jengkel,(beri apresiasi wah bagus sekali”)
• Nah, bagaimana perasaan Mas/mbak setelah memukul meja?”
• Apakah masalahnya selesai?”
• Apa akibat perilaku Mas/mbak ”?
• “Betul, tangan jadi sakit, meja bisa rusak, masalah tidak selesai dan akhirnya dibawa kerumah sakit”
• “Bagaimana Mas/mbak, maukah belajar cara mengungkapkan marah yang benar dan sehat”
• Baiklah waktu kita sudah habis”
3. Terminasi
a. Evaluasi Subjektif
“Bagaimana perasaan Mas/mbak setelah kita bercakap-cakap?”
b. Evaluasi Objektif
• “Apa saja tadi yang kita bicarakan?”
• “Benar, perasaan saat marah, apa saja tadi?ya betul, lagi, OK!”
• “Lalu cara marah yang lama, apa saja tadi? Ya betul, lagi, OK!”
• “Dan akibat marah, apa saja? Ya betul, sampai dibawa kerumah sakit”
c. Rencana tindak lanjut
“Baiklah, sudah banyak yang kits bicarakan, nanti coba ingat-ingat lagi perasaan Mas mbak sewaktu marah, dan cara Mas/mbak marah serta akibat yang terjadi, kalau di rumah sakit ada yang membuat Mas/mbak marah beritahu saya ya”
d. Kontrak
• Waktu
“Besok satu bulan lagi kita ketemu ya”
• Tempat
“Bagaimana kalau disini lagi?”
• Topik
“Besok kita mulai latihan cara marah yang baik dan sehat, sampai besok ya!”
• Waktu
“Besok satu bulan lagi kita ketemu ya”
• Tempat
“Bagaimana kalau disini lagi?”
• Topik
“Besok kita mulai latihan cara marah yang baik dan sehat, sampai besok ya!”
DAFTAR PUSTAKA
- Keliat Budi Anna, 2002, Asuhan Keperawatan Perilaku Kekerasan, FIK, UI : Jakarta.
- Yosep,Iyus S.Kp.,M.Si,2009.Keperawatan Jiwa.Refika Aditama:Bandung
- Dadang Hawari, 2001, Pendekatan Holistik Pada Gangguan Jiwa Schizofrenia, FKUI; Jakarta.
- Depkes RI, 1996, Direktorat Jendral Pelayanan Medik Direktorat Pelayanan Keperawatan, 2000, Keperawatan Jiwa Teori dan Tindakan, Jakarta.
- Depkes RI, 1996, Proses Keperawatan Jiwa, jilid I.
- Keliat Budi Anna, dkk, 1998, Pusat Keperawatan Kesehatan Jiwa, penerbit buku kedokteran EGC : Jakarta.
- Keliat Budi Anna, 1996, Marah Akibat Penyakit yang Diderita, penerbit buku kedokteran EGC ; Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar